Tautan-tautan Akses

AS

Trump Kecam Penyelidikan atas Bidang Keuangan dan Bisnis Miliknya


Presiden AS Donald Trump berbicara di Gedung Putih (foto: dok).

Presiden AS Donald Trump hari Kamis (7/2) mendamprat penyelidikan atas bidang keuangan dan bisnis miliknya oleh kelompok Demokrat yang kini berkuasa di DPR.

Trump khususnya menyerang Ketua Komite Intelijen DPR AS, Adam Schiff, yang katanya tidak menemukan adanya kolusi dengan Rusia dalam pemilihan presiden tahun 2016, tapi kini “sedang menyelidiki setiap aspek kehidupan saya, baik segi keuangan ataupun pribadi, walaupun tidak ada alasan untuk itu.”

Selanjutnya, Trump mengatakan, “Ini belum pernah terjadi sebelumnya! dan merupakan “gangguan tanpa batas atas Presiden.”

“Kelompok Demokrat dan berbagai komitenya sudah gila,” kata Trump dalam serangkaian komentar Twitter yang dikirimnya Kamis dini hari.

Trump juga menyebut penyelidikan yang dilakukan oleh komite pimpinan Adam Schiff itu sebagai “kelanjutan mencari-cari kesalahan atau witch hunt,” istilah yang sering digunakannya untuk penyelidikan yang dilakukan oleh jaksa khusus Robert Mueller tentang hubungan tim sukses Trump dengan Russia, dan apakah Trump sebagai presiden berusaha menghalangi penyelidikan itu.

Lima orang yang dekat dengan Trump telah dinyatakan bersalah oleh pengadilan dan orang keenam dikenai tuduhan resmi. “Ini adalah gangguan atas tugas-tugas kepresidenan! Dan tidak boleh dibiarkan terjadi lagi!," tandas Trump. (ii)

XS
SM
MD
LG