Tautan-tautan Akses

AS

Trump Kecam Kegagalan Gubernur Sediakan Alkes


Presiden Amerika Serikat Donald Trump

Presiden Amerika Serikat Donald Trump hari Kamis (2/4) mengecam gubernur sejumlah negara bagian yang mengaku tidak memiliki perlengkapan cukup untuk menangani ribuan pasien virus corona di rumah sakit.

Trump tetap membela reaksi pemerintah pusat terhadap wabah ini, meski tingkat kematian akibat virus corona di Amerika yang sudah mencapai lebih dari 5.100 orang.

Hal ini disampaikan Trump melalui akun Twitternya, dengan menyebut pemerintah Federal telah mengirim peralatan medis dalam jumlah besar langsung ke berbagai rumah sakit dan pusat kesehatan di semua negara bagian.

Para gubernur di sejumlah negara bagian disebut Trump “tidak pernah puas dan rakus” dan mengklaim negara bagian lainnya puas atas tindakan yang dilakukan pemerintah pusat.

Sebelumnya para gubernur meminta bantuan FEMA untuk bantuan peralatan baru, seperti ventilator yang sulit didapat walaupun harganya bisa mencapai antara 25.000 hingga 50.000 dolar AS sebuahnya.

Menurut Trump, pemerintah federal punya 10.000 ventilator dalam persediaan dan akan memutuskan lokasi penempatannya, tergantung dari tingkat darurat di tiap lokasi. [ti/ii]

XS
SM
MD
LG