Tautan-tautan Akses

AS

Trump Kecam Imigrasi, Desak Pemilih untuk Dukung Republik


Mantan presiden AS Trump di Wellington, Ohio. (Foto: Reuters)

Dalam perkumpulan massa pertamanya sejak meninggalkan Gedung Putih, mantan Presiden Donald Trump pada Sabtu (26/6) mengkritik kebijakan imigrasi pemerintahan Biden. Trump juga mendesak para pendukungnya untuk membantu Partai Republik merebut kembali mayoritas di Kongres.

Trump sebenarnya sudah pernah menyampaikan beberapa pidato dalam acara-acara Partai Republik sejak kalah dari Presiden Joe Biden dari Partai Demokrat. Tapi perkumpulan massa di Ohio, negara bagian yang dimenangkannya dalam pemilu 2020, merupakan upaya penting untuk mempertahankan dukungan para pendukungnya.

Trump meninggalkan jabatan pasca serangan di Gedung Capitol AS pada 6 Januari oleh para pendukungnya, tak lama setelah pidato dimana dia mengulangi lagi klaim-klaim palsu bahwa kekalahannya dalam pemilu merupakan hasil kecurangan. Dia lolos dari pemakzulan kedua dan tetap memiliki pengaruh besar dalam Partai Republik, terutama dengan membiarkan pertanyaan apakah dia akan mencalonkan lagi pada 2024.

Pada Sabtu (26/6), di hadapan ribuan pendukungnya, Trump menekankan beberapa kekesalannya, serta mengkritisi pemilu AS dan banyaknya imigran yang menyeberang ke AS dari perbatasan selatan.

"Kita akan rebut DPR, kita akan rebut Senat, dan kita akan rebut Amerika, dan kita akan lakukannya segera," katanya.

Mayoritas tipis Demokrat di kedua majelis Kongres akan dipertaruhkan dalam pemilu paruh waktu 2022. Dan berdasarkan sejarah, peluang Republik untuk memenangkan kursi dalam kontes-kontes itu lebih besar. [vm/ ah]

Lihat komentar (2)

Forum ini telah ditutup.
XS
SM
MD
LG