Tautan-tautan Akses

Trump Peringatkan WTO


Presiden Donald Trump (kiri), menyambut Perdana Menteri Belanda Mark Rutte (kanan), di Gedung Putihm Washington, 2 Juli 2018.
Presiden Donald Trump (kiri), menyambut Perdana Menteri Belanda Mark Rutte (kanan), di Gedung Putihm Washington, 2 Juli 2018.

Presiden Donald Trump mengatakan Amerika saat ini tidak merencanakan tindakan menentang Organisasi Perdagangan Dunia WTO, tetapi mengingatkan bahwa “jika mereka tidak memperlakukan kami dengan wajar, kami akan melakukan sesuatu.”

Berbicara pada wartawan di Ruang Oval didampingi Perdana Menteri Belanda Mark Rutte yang sedang berkunjung ke Gedung Putih, Trump menekankan keluhannya bahwa organisasi yang berkantor di Jenewa itu telah memperlakukan Amerika secara tidak adil dan menimbulkan “kerugian besar” pada Amerika.

Sementara itu pejabat-pejabat pemerintah Amerika membantah laporan bahwa Gedung Putih telah merancang RUU yang akan memungkinkan Trump menentukan tingkat tarif di luar jurisdiksi WTO, agar Amerika dapat keluar dari komitmennya pada badan internasional yang menetapkan aturan perdagangan antar negara.

Juru bicara Gedung Putih, Sarah Huckabee Sanders, mengatakan laporan-laporan yang menuduh Amerika berencana meninggalkan WTO itu “tidak akurat,” tetapi bahwa presiden prihatin tentang aspek-aspek tertentu WTO yang menurutnya “tidak adil.”

Sanders menambahkan negara-negara, termasuk China, telah menggunakan WTO demi keuntungan mereka. “Trump fokus soal memperbaiki sistem” dengan “melanjutkan perundingan antar individu negara dan juga organisasi,” ujar Sanders. [em/al]

Recommended

XS
SM
MD
LG