Tautan-tautan Akses

Trump: Pemimpin Israel dan Palestina Siap Ciptakan Perdamaian


Presiden AS Donald Trump dan PM Israel Benjamin Netanyahu berjabat tangan dalam pertemuan di Yerusalem, Selasa (23/5).

Presiden Donald Trump Selasa (23/5) menyatakan bahwa baik pemimpin Israel maupun Palestina siap untuk mencapai perdamaian.

Trump membuat pernyataan itu bersama PM Israel Benjamin Netanyahu dalam sebuah pidato di Musium Israel. Trump telah mengadakan pembicaraan dengan Netanyahu pada Senin dan bertemu lagi pada Selasa, setelah kunjungan singkat ke Tepi Barat untuk dialog satu jam dengan Presiden Otorita Palestina Mahmoud Abbas.

“Kami tahu perdamaian itu dimungkinkan seandainya kita mengenyampingkan sakit hati dan konflik dari masa lalu, serta berkomitmen pada pemecahan krisis ini yang sudah berlangsung hampir setengah abad,” demikian kata Trump dalam pidatonya di Musium, tidak lama sebelum meninggalkan Israel dan menuju Roma.

Trump tidak menyebut pendudukan oleh Israel ataupun solusi dua negara, yang merupakan hal yang ditentang oleh Palestina.

Sebelumnya pada Selasa, berbicara disebelah Trump di Betlehem, Abbas mengatakan, masalah mendasar untuk Palestina, adalah pendudukan dan pemukiman Israel, serta juga kegagalan Israel untuk memberi pengakuan kepada Palestina. [jm]

XS
SM
MD
LG