Tautan-tautan Akses

AS

Trump Ingin Adakan Parade Militer di Washington


Presiden AS Donald Trump dan ibu negara Melania Trump, menghadiri undangan Presiden Perancis Emmanuel Macron untuk menyaksikan parade militer pada Hari Bastille di Paris, Perancis, 14 Juli 2017. (Foto: dok).

Presiden Amerika Donald Trump menginginkan sebuah parade militer di Washington menyaingi apa yang disaksikannya pada Hari Bastille terakhir di Perancis dan memerintahkan para pemimpin Pentagon membuat rencana untuk memamerkan kekuatan militer di ibukota Amerika.

Belum ada tanggal yang ditetapkan untuk parade itu tapi Departemen Pertahanan mengatakan "dalam proses menentukan rincian spesifik."

Kemungkinan pilihan tanggal itu mencakup tiga hari libur nasional Amerika - Memorial Day tanggal 28 Mei yang secara tradisional menghormati tentara yang tewas dalam perang Amerika, Hari Kemerdekaan, tanggal 4 Juli di mana sudah ada pertunjukan kembang api di National Mall di Washington atau Hari Veteran pada tanggal 11 November, yang tahun ini juga bertepatan dengan ulang tahun ke 100 dari kemenangan akhir Perang Dunia I.

Pihak militer dilaporkan lebih menyukai bulan November untuk memisahkan aura parade itu dengan simbolismenya sebagai kekuatan militer Amerika dari adegan politik Amerika yang kontroversial, karena parade itu kemudian akan jatuh beberapa hari setelah pemilihan kongres yang dijadwalkan 6 November.

Juru bicara Gedung Putih Sarah Huckabee Sanders mengatakan, "Presiden Trump sangat mendukung pengabdian anggota militer Amerika yang mempertaruhkan nyawa setiap hari untuk menjaga keamanan negara. Ia meminta Departemen Pertahanan untuk menjajagi sebuah perayaan di mana semua warga Amerika bisa menunjukkan apresiasinya."

Trump sering berkomentar mengenai keinginannya akan parade militer Amerika menyaingi yang ia saksikan tanggal 14 Juli lalu di Paris pada Hari Bastille bersama ibu negara Melania Trump, sebagai tamu Presiden Prancis Emmanuel Macron dan istrinya, Brigitte. [my/jm]

XS
SM
MD
LG