Tautan-tautan Akses

AS

Trump Imbau Perusahaan Jepang Dirikan Pabrik di AS


Presiden Donald Trump memberi isyarat saat bertemu dengan Para Pemimpin Bisnis Jepang dan AS di kediaman Duta Besar AS, di Tokyo, Senin, 6 November 2017.

Dengan gaya bicara yang khas, tegas dan terus-terang, terhadap para pemimpin perusahaan Jepang, Presiden Amerika Donald Trump hari Senin meminta kepada mereka agar membuat barang lebih banyak di Amerika, dengan mengakui bahwa Jepang telah mengalahkan Amerika dalam perdagangan selama puluhan tahun.

“Sekarang ini, perdagangan kami dengan Jepang tidak adil atau terbuka,” kata presiden dalam acara sarapan pagi yang dihadiri oleh 18 perusahaan besar Jepang dan 9 perusahaan Amerika. “Tetapi saya tahu perdagangan akan adil dan terbuka,” kata Trump.

Trump memperkirakan bahwa tanpa Kemitraan Trans-Pasifik atau TPP, “kami akan mempunyai lebih banyak perdagangan daripada perkiraan siapapun.”

“Saya tidak paham apa yang dimaksudnya dengan '“tidak adil atau terbuka',” kata Morihiro Yomogida, professor ekonomi di Universitas Sophia di Tokyo, dan mengemukakan Jepang mempunyai sebagian masalah dengan kebijakan perdagangan Amerika.

“Amerika juga baru-baru ini mengenakan bea anti-dumping yang tinggi atas impor sebagian produk baja dan besi dari Jepang. Jadi, saya tidak merasa pasti Amerika selalu adil dalam perdagangan dengan Jepang,” kata Yomogida kepada VOA.

Mantan Direktur urusan Jepang Departemen Luar Negeri Amerika Kevin Maher mengatakan “waktunya belum matang untuk berbicara tentang persetujuan perdagangan bebas Jepang-Amerika. Sangat sulit membayangkan Jepang akan bertindak lebih jauh daripada dalam TPP, terutama dalam masalah-masalah yang peka seperti pertanian dan mobil.” [gp]

XS
SM
MD
LG