Tautan-tautan Akses

AS

Trump Dinominasikan untuk Hadiah Nobel Perdamaian


PM Jepang Shinzo Abe saat bertemu Presiden AS Donald Trump di sela Sidang Umum PBB di New York, 26 September 2018 (foto: dok).

Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe tidak mengatakan apakah ia menominasikan Donald Trump atau tidak untuk Hadiah Nobel Perdamaian tahun ini, tetapi presiden Amerika itu diajukan oleh orang lain untuk menerima penghargaan bergengsi tersebut.

Dalam jumpa pers Gedung Putih Jumat (15/2) lalu, Trump mengatakan, perdana menteri Jepang itu memberinya "salinan paling indah" surat nominasi lima halaman kepada Komite Nobel Norwegia.

Sejak itu Abe menolak mengatakan apakah ia melakukannya.

Surat itu diajukan Juni 2018, tidak lama setelah pertemuan puncak yang diadakan di Singapura antara Trump dan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un guna meredakan ketegangan dan menangani program senjata nuklir Pyongyang.

Komite Nobel Norwegia yang terdiri atas lima orang, dan memutuskan siapa peraih penghargaan itu, tidak mengomentari nominasi, selama 50 tahun merahasiakan nama-nama orang yang dinominasikan dan yang tidak berhasil meraih hadiah itu.

Namun, dikatakan awal bulan ini, 304 orang dinominasikan untuk hadiah tahun ini. Dari jumlah itu, 219 adalah individu dan 85 adalah organisasi. (ka)

XS
SM
MD
LG