Tautan-tautan Akses

Trump Desak Arab Saudi Izinkan Bantuan Kemanusiaan ke Yaman 


Para perempuan dan anak-anak Yaman yang menghindari kekerasan perang, tinggal di tenda-tenda di pinggiran Sana'a, Yaman (foto: dok).

Presiden Donald Trump telah memerintahkan agar para pejabat mendesak Arab Saudi supaya mengizinkan bahan bakar, makanan, dan obat-obatan dikirim ke Yaman.

Dalam pernyataan singkat hari Rabu (6/12), Trump mengatakan, “Ini harus segera dilakukan karena alasan kemanusiaan, dan rakyat Yaman sangat membutuhkannya.”

Koalisi yang dipimpin Arab Saudi melancarkan serangan darat dan udara untuk menyingkirkan pemberontak Houthi dari Yaman.

Arab Saudi memberlakukan blokade terhadap semua pelabuhan Yaman bulan lalu setelah pemberontak Houthi menembakkan sebuah misil ke dekat Ryadh.

Blokade itu telah dilonggarkan untuk mengizinkan sebagian bantuan kemanusiaan masuk ke Yaman, tetapi Arab Saudi memperketat restriksi pengiriman komersial sehingga menimbulkan kelangkaan bahan bakar parah.

Kelangkaan bahan bakar berarti generator yang digunakan untuk memompa air minum, mengoperasikan rumah sakit, dan memasak makanan tidak berfungsi. [ds]

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG