Tautan-tautan Akses

AS

Trump Deklarasikan Darurat Nasional Pandemik Virus Corona


Presiden AS Donald Trump mendeklarasikan sebuah darurat nasional akibat pandemik virus corona di Gedung Putih, Jumat (13/3).

Presiden Donald Trump mengatakan, dia mendeklarasikan sebuah darurat nasional, sehingga melapangkan jalan bagi lebih banyak bantuan federal mengalir ke negara-negara bagian dan kota-kota guna memerangi pandemik virus corona.

“Kita akan mengalahkan ancaman ini,” kata Trump pada Jumat siang dalam sebuah konferensi pers yang disiarkan televisi dari halaman Gedung Putih.

Trump mengalami tekanan semakin besar, khususnya dari pihak Demokrat, dalam hari-hari terakhir untuk mengambil langkah itu sementara para gubernur dan walikota di seluruh Amerika telah mendeklarasikan keadaan darurat, memerintahkan pembatalan pertemuan umum dan menutup sekolah-sekolah.

Langkah Presiden ini akan memungkinkan puluhan milyar dolar dikucurkan lewat "Disaster Relief Fund" atau Dana Bantuan Bencana.

Negara bagian bisa meminta pemerintah federal membayar sampai 75 persen dari biaya seperti petugas darurat, pasokan medis, serta uji dan vaksinasi guna menanggapi perebakan virus ini, yang oleh beberapa ahli epidemiologi diperingatkan akan melampaui kemampuan sistem layanan kesehatan Amerika.

“Negara-negara bagian akan menyiapkan pusat operasi darurat mereka segera, dan semua rumah sakit akan mengaktifkan rencana operasi darurat mereka,” kata Trump.

Trump juga mengumumkan pembelian dalam jumlah besar minyak untuk cadangan minyak strategis Amerika. “Kita akan mengisinya sampai penuh,” katanya. [jm/pp]

Lihat komentar (1)

XS
SM
MD
LG