Tautan-tautan Akses

AS

Trump dan Biden Berkampanye di Florida, Kamis 


Petahana Presiden Donald Trump and Joe Biden berkampanye di Florida pada hari yang sama, Kamis, 29 Oktober 2020.

Hanya beberapa hari sebelum para pemilih memberikan suara terakhir dalam pemilihan presiden Amerika, kedua kandidat memfokuskan upaya kampanye mereka pada Kamis (29/10) di negara bagian Florida.

“Jika Florida menjadi biru, maka sudah berakhir. Itu sudah berakhir,” kata mantan wakil presiden Joe Biden dalam rapat umum drive in atau lantatur di luar Broward College. Biru mengacu pada warna Partai Demokrat. Dia mengadakan acara serupa kedua di Tampa, Kamis (29/10) malam.

Biden mengkritik Presiden Donald Trump karena mengadakan rapat umum di tengah pandemi virus corona di mana sebagian besar peserta tidak mengenakan masker, menyebutnya “acara penular super.”

Presiden “menyebarkan lebih dari sekadar virus corona. Dia menyebarkan perpecahan dan perselisihan,” kata Biden pada kampanye drive-in kedua di Tampa yang selesai lebih awal karena hujan.

Trump, berbicara kepada massa di tempat parkir stadion di Tampa, sekali lagi meramalkan banyaknya jumlah pemilih dari Partai Republik – Gelombang Merah yang hebat – pada 3 November.

“Kami akan memenangkan pemilihan ini dengan sangat besar. Anda lihat,” kata Presiden Trump.

Trump telah dijadwalkan untuk mengadakan rapat umum lagi pada Kamis (29/10) malam di North Carolina, tetapi karena “cuaca yang sangat buruk,” termasuk angin kencang, acara itu ditunda hingga Senin (2/11), katanya kepada para wartawan.

Dalam pidatonya di Tampa, Trump juga mengatakan Amerika akan memiliki vaksin untuk Covid-19 “dalam beberapa minggu,” seraya menjanjikan bahwa “warga usia lanjut akan menjadi yang pertama mendapatkannya.” Di Florida, orang yang berusia di atas 65 tahun tahun dapat mencakup sekitar sepertiga dari mereka yang memilih presiden.

Dalam setiap pemilihan sejak 1996, pemenang di Florida selalu memenangkan kursi kepresidenan. Pemenang di sana mendapatkan 29 dari 270 suara elektoral yang dibutuhkan untuk memenangkan pemilihan.

Menurut data rata-rata jajak pendapat utama yang dikumpulkan oleh Real Clear Politics, Biden dan Trump hampir imbang di Florida dan North Carolina, sementara presiden tertinggal dari mantan wakil presiden di Michigan, Pennsylvania, dan Wisconsin. [lt/pp]

XS
SM
MD
LG