Tautan-tautan Akses

Trump Hendak Batasi Peran Federal dalam Pendidikan


Presiden Amerika Donald Trump (kanan) bersama Menteri Pendidikan Betsy DeVos (foto: dok).

Presiden Amerika Donald Trump hari Rabu (26/4) menandatangani Keppres untuk mengurangi peran pemerintah federal dalam pendidikan TK hingga SMU. Ia didampingi oleh Wakil Presiden Mike Pence, Menteri Pendidikan Betsy DeVos para gubernur, anggota Kongres dan guru-guru.

Trump mengatakan, “Sudah terlalu lama, pemerintah federal memberlakukan kehendaknya pada pemerintah negara bagian dan setempat. Hasilnya pendidikan menganggarkan semakin banyak dan hasilnya jauh berkurang. Pemerintah telah mengupayakan untuk mengembalikan pengambilalihan kekuasaan federal ini dan mengembalikannya kepada, keluarga, kota, negara bagian dan mengembalikan kekuasaan pada pemerintah setempat.”

Trump memberi DeVos hampir satu tahun, 300 hari untuk menentukan bidang di mana pemerintah federal melampau kewenangan sahnya dalam masalah-masalah pendidikan.

Ia bisa mengubah dan membatalkan peraturan dan pedoman yang dikeluarkan oleh departemennya, jika diperlukan. Laporan mengenai hal itu akan diserahkan ke Gedung Putih dan diumumkan. [my/al]

XS
SM
MD
LG