Tautan-tautan Akses

AS

Trump: AS Dirugikan dalam Perdagangan dengan China selama Bertahun-tahun


Presiden AS Donald Trump menilai AS telah lama dirugikan dalam perdagangan dengan China (foto: ilustrasi).

Presiden Donald Trump mengatakan "tidak banyak yang dapat diberikan" Amerika dalam pembicaraan perdagangan dengan China, dan banyak yang dapat diberikan China, karena kata Trump Amerika selama bertahun-tahun telah dirugikan dalam perdagangan dengan China.

Hari Rabu (16/5), ia membela keputusannya untuk menyelamatkan perusahaan teknologi raksasa China, ZTE, yang bulan lalu oleh Departemen Perdagangan AS dilarang membeli komponen buatan Amerika untuk produk konsumernya selama tujuh tahun setelah didapati melanggar larangan perdagangan AS dengan Iran dan Korea Utara.

ZTE mengatakan pelarangan suku cadang AS itu telah menghentikan "kegiatan utama" perusahaan.

"Tidak ada yang telah terjadi dengan ZTE kecuali itu berkaitan dengan kesepakatan perdagangan yang lebih besar," kata Trump di Twitter.

Pandangannya itu disampaikan beberapa hari setelah ia mengatakan "terlalu banyak lapangan kerja" hilang di China karena kesulitan yang dialami ZTE dan ia telah "menginstruksikan" kantor perdagangan untuk "menyelesaikannya!" untuk membantu ZTE "kembali melakukan bisnis, secepatnya."

AS dan China, dua ekonomi terbesar dunia, melakukan perundingan perdagangan yang sulit minggu ini di Washington, setelah Trump mengancam akan memberlakukan tarif pajak yang lebih tinggi pada ekspor China senilai 150 miliar dolar dan Beijing membalas dengan akan memberlakukan pungutan yang lebih tinggi pada produk-produk Amerika.

Pembicaraan sebelumnya di Bejing terbukti sia-sia.

"Negara kita telah kehilangan ratusan miliar dolar per tahun dalam perdagangan dengan China," kata Trump merujuk pada defisit perdagangan AS tahun lalu sebesar 375 miliar dolar dengan China. [my/ds]

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG