Tautan-tautan Akses

Trump akan Terima Hasil Pilpres dengan Syarat


Calon presiden dari Partai Republik Donald Trump pada acara kampanye di Delaware, Ohio hari Kamis (20/10).
Calon presiden dari Partai Republik Donald Trump pada acara kampanye di Delaware, Ohio hari Kamis (20/10).

Calon presiden dari Partai Republik Donald Trump hari Kamis (20/10) menyatakan, ia akan menerima hasil pemilu November 8 dengan syarat.

"Saya akan menerima hasil pemilu yang jelas, tapi saya juga akan menggunakan hak saya untuk mempertanyakan dan mengajukan gugatan hukum apabila hasilnya menimbulkan pertanyaan," kata Trump kepada pendukungnya di sebuah acara kampanye di Delaware, Ohio.

Trump awalnya mengatakan hari Kamis, bahwa ia akan "benar-benar menerima hasil pemilihan presiden yang besar dan bersejarah ini, jika dia menang," tapi kemudian menjelaskan posisinya bahwa dia akan berbuat demikian dengan mempertahankan haknya untuk menggugat hasilnya..

Trump dan pesaingnya dari Demokrat. Hillary Clinton mengakhiri acara perdebatan calon Presiden AS pada musim kampanye presiden, satu hari setelah Trump memperkuat pernyataannya bahwa proses pemilihan ini 'dicurangi' dengan menolak untuk mengatakan dia akan menerima hasilnya.

"Saya akan melihat nanti," kata Trump Rabu malam, dalam debat terakhir dari tiga debat presiden di kota Las Vegas, Nevada.

Setelah acara debat, Clinton, calon presiden dari Partai Demokrat, menyebut penolakan Trump itu upaya untuk "menyalahkan orang lain yang menyebabkan ia dalam posisi sekarang ini dalam kampanyenya." [ps/al]

XS
SM
MD
LG