Tautan-tautan Akses

Presiden Donald Trump hari Kamis (14/9) akan berkunjung ke negara bagian Florida yang pelan tapi pasti sedang berupaya melakukan pemulihan setelah dilanda badai Irma.

Trump akan singgah Naples di pantai barat, yang terletak pada jalur langsung badai Irma. Pemerintah Amerika telah memberlakukan keadaan darurat di Florida untuk mempercepat pengucuran dana bantuan federal.

Para pejabat mengatakan prioritas utama mereka adalah memulihkan aliran listrik. Hingga Rabu sore (13/9), masih sekitar 33 persen warga Florida tidak memiliki listrik, namun jauh berkurang dari 60 persen setelah badai lewat sebelumnya pekan ini. Mungkin diperlukan waktu sampai satu bulan untuk memulihkan aliran listrik sepenuhnya di seluruh Florida.

Sementara itu, pihak berwenang menyelidiki apakah tidak adanya listrik untuk menghidupkan AC menjadi penyebab meninggalnya delapan penghuni panti manula di Hollywood, Florida.

Fasilitas itu tidak memiliki aliran listrik sejak terjadinya badai. Tidak jelas mengapa generator tidak dapat menjaga kondisi suhu dalam fasilitas itu agar tetap dingin.

Gubernur Florida Rick Scott memerintahkan agar semua panti manula di negara bagian itu dicek. [ds]

XS
SM
MD
LG