Tautan-tautan Akses

Truk Terobos Pusat Perbelanjaan di Swedia, Sedikitnya 4 Tewas


Petugas pertolongan tampak di lokasi serangan truk di Drottninggatan, pusat kota Stockholm, Swedia, Jumat (7/4).

Sebuah truk menabrak pejalan kaki di luar sebuah pusat perbelanjaan yang sibuk di Stockholm, Swedia, Jumat siang (7/4), menewaskan sedikitnya empat orang dan melukai 15 lainnya, dalam apa yang digambarkan perdana menteri negara itu sebagai “serangan teror.”

Perburuan besar-besaran dilakukan di seluruh Swedia untuk mencari mereka yang bertanggungjawab, sementara seorang laki-laki telah ditangkap terkait serangan tersebut. Semua orang di pusat stasiun kereta api di Stockholm dievakuasi dan semua kereta api yang sedianya masuk dan keluar dari kota itu dibatalkan. Kebijakan “lockdown” diberlakukan selama beberapa jam di gedung-gedung yang terletak di sekitar lokasi kejadian.

Serangan ini adalah yang terbaru dalam serangkaian serangan serupa yang melibatkan kendaraan di Eropa, termasuk di Nice di bagian selatan Perancis, di London dan Berlin.

Perdana Menteri Swedia Stefan Lofven mengatakan insiden itu jelas merupakan “serangan teroris”. Ditambahkannya, “Pemerintah melakukan apapun untuk mengetahui apa yang sebenarnya terjadi.”

Foto-foto yang diambil di lokasi kejadian menunjukkan kendaraan itu adalah truk milik pembuat minuman bir Spendrups, yang mengatakan truk itu dibajak Jum’at pagi.

Sejumlah saksi mata mengatakan truk itu ditabrakkan ke bagian depan pusat perbelanjaan Ahlens di Drottninggatan, salah satu jalan yang paling banyak dilalui pejalan kaki, membuat orang-orang berlarian sambil berteriak. Gambar-gambar di televisi menunjukkan asap tebal keluar dari pusat perbelanjaan itu setelah ditabrak truk tersebut.

Dalam sebuah pernyataan singkat Raja Swedia Carl Gustaf menyampaikan belasungkawa pada para okrban dan keluarga mereka. “Kami mengikuti perkembangan tetapi kami juga ingin menyampaikan belasungkawa pada para korban dan keluarga mereka,” ujar Raja Gustaf. Ia mempersingkat lawatannya ke Brazil hari Jum’at supaya bisa segera kembali ke tanah air.

Sejumlah pemimpin Swedia, termasuk Kanselir Jerman Angela Mereka dan Walikota London Saddiq Khan, juga mengeluarkan pernyataan yang menunjukkan solidaritas pada Swedia. [em]

XS
SM
MD
LG