Tautan-tautan Akses

Transportasi Massal yang Aman Jadi Tantangan Usai Lockdown Corona


Seorang penumpang di peron kereta di Grand Central Terminal, New York, 29 April 2020.

Di berbagai kota seluruh dunia, transportasi publik adalah kunci bagi para pegawai agar bisa kembali bekerja dan menghidupkan kembali ekonomi yang hancur. Namun mekanisme untuk bepergian keluar rumah mulai dari naik kereta api dan bus ke kapal feri sampai naik sepeda, harus dipikirkan ulang pada masa pandemi virus corona.

Di Eropa khususnya, sistem transportasi massal menjadi fokus baru pemerintah yang sedang berupaya mengembalikan negara mereka ke situasi normal, sementara melakukan langkah-langkah dalam menanggapi pandemi yang telah menelan jumlah korban jiwa lebih dari 120.000 orang di seluruh benua Eropa.

Di ibu kota negara-negara yang paling parah dilanda Covid-19 seperti Italia, Spanyol, Perancis, dan Inggris, berdesak-desakan dengan sesama penumpang adalah bagian dari rutinitas pagi saat berangkat bekerja sebelum pandemi virus corona.

Namun, rutinitas seperti itu harus berubah sekarang, sementara pihak berwenang berupaya untuk mengatasi permasalahan ekonomi tanpa mengorbankan kemajuan yang sudah diperoleh dengan susah payah dalam mencegah perebakan Covid-19 melalui penerapan kebijakan menjaga jarak aman (social distancing). [ps/pp]

XS
SM
MD
LG