Tautan-tautan Akses

AS

Tradisi Imlek Berlanjut di Amerika dengan Parade Tahunan


Perayaan Tahun Baru Imlek di Los Angeles, AS (foto: dok).

Banyak negara di Asia merayakan Tahun Baru Imlek, atau di China dikenal sebagai Festival Musim Semi, atau oleh banyak orang juga disebut sebagai Tahun Baru Cina. Di banyak negara Asia, ini adalah hari libur nasional selama beberapa hari. Meskipun bukan hari libur di Amerika, komunitas masyarakat Asia merayakan hari istimewa ini dengan cara mereka sendiri.

Di Los Angeles, salah satu kota yang memiliki jumlah penduduk Asia terbesar di Amerika, beberapa festival dilangsungkan selama beberapa akhir pekan. Di Chinatown - Los Angeles, orang-orang memadati Parade Tahunan Naga Emas ke-119 untuk menyaksikan tarian singa dan naga, dan balon-balon raksasa berbentuk singa dan naga serta band sekolah yang tak terhitung jumlahnya.

“Sangat penting bagi kita untuk merayakan Tahun Baru Cina karena ini warisan kita,” ujar Lily Hui yang berasal dari Hong Kong.

Parade ini menjadi suatu tradisi tahunan bagi banyak warga Los Angeles, termasuk Henry Khou, yang telah menonton parade ini sejak tahun 1980. Henry yang berasal dari Kamboja keturunan China mengatakan di Amerika, ia masih mengikuti tradisi tanah leluhurnya.

Banyak keluarga yang menonton parade ini, berharap anak-anak mereka akan tetap menghargai festival budaya tahunan ini dan melanjutkan tradisi itu meski berada puluhan ribu kilometer dari tempat asal mereka. [em/ii]

XS
SM
MD
LG