Tautan-tautan Akses

TPS Tutup dalam Pilpres Kroasia


Seorang pemilih memasukkan surat suara di tempat pemungutan suara di Zagreb, Kroasia, 22 Desember 2019.

Tempat-tempat pemungutan suara (TPS) pemilihan presiden telah tutup di Kroasia pada Minggu (22/12) malam. Diperkirakan tidak ada capres yang akan segera memenangkan suara mayoritas.

Para pengamat politik memprediksi akan ada pemilihan putaran kedua dalam dua minggu, meskipun jajak pendapat di TPS atau exit poll menunjukkan mantan perdana menteri yang berhaluan kiri, Zoran Milanovic, unggul sedikit.

Milanovic menantang presiden petahana Kolinda Grabar-Kitarovic, seorang konservatif, serta musisi yang berhaluan kanan Miroslav Skoro. Milanovic meraih 29,58 persen suara, disusul Grabar-Kitarovic dengan 26,38 persen, dan Skoro dengan 24,1 persen, menurut sebuah exit poll yang disiarkan di TV nasional Kroasia.

Kepresidenan Kroasia pada umumnya seremonial.

Pilpres pra-Natal itu dilakukan hanya beberapa hari sebelum kroasia memulai periode enam bulan pertama sebagai presiden Uni Eropa secara bergantian, mulai 1 Januari.

Kroasia, dengan pemilih lebih dari 3,8 juta, adalah salah satu negara termiskin di Uni Eropa selama lebih dari dua dekade setelah perang antara 1991 dan 1995. [vm/ft]

Lihat komentar

XS
SM
MD
LG