Tautan-tautan Akses

AS

Tornado Kuat di Bagian Selatan AS, 7 Tewas


Puing-puing terlihat berserakan pasca hantaman tornado di Nashville, Selasa pagi, 3 Maret 2020.

Tornado kuat menghantam Nashville, Tennessee, dan daerah-daerah sekitarnya pada Selasa pagi (3/3), menewaskan sedikitnya tujuh orang dan menyebabkan kerusakan yang meluas.

Rekaman video memperlihatkan tornado yang bergerak melalui pusat kota sesekali disertai sambaran kilat, menyebabkan bangunan hancur menjadi puing. Para petugas bantuan darurat AS menyatakan mereka menanggapi laporan mengenai sedikitnya 40 bangunan yang ambruk di berbagai penjuru Nashville.

Para petugas membuka beberapa tempat penampungan darurat bagi warga yang terpaksa meninggalkan rumah mereka, salah satunya di pasar di pinggiran kota itu. Sekolah-sekolah di Nashville tutup pada hari Selasa (3/3).

Sebuah bangunan nampak hancur terkena hantaman tornado di Nashville, 3 Maret 2020.
Sebuah bangunan nampak hancur terkena hantaman tornado di Nashville, 3 Maret 2020.

Tornado itu menghancurkan beberapa hanggar di bandara kecil di sebelah barat Nashville sewaktu bergerak mengarah ke tengah kota. Sedikitnya dua korban tewas di Nashville.

Tornado ini mula-mula menghantam kota kecil Camden, berlokasi sekitar 160 kilometer sebelah barat Nashville, menewaskan satu orang. Beberapa orang lagi tewas sewaktu pusaran angin itu bergerak menuju kota Cookeville, hampir 140 kilometer sebelah timur ibu kota Tennessee.

Para pengamat politik menyatakan tornado itu kemungkinan besar akan mempengaruhi pemungutan suara di Tennesse, satu dari 14 negara bagian yang menyelenggarakan pemilihan pendahuluan. [uh/ab]

XS
SM
MD
LG