Tautan-tautan Akses

Tornado Hantam Bagian Selatan AS; 6 Tewas di Alabama


Reruntuhan bangunan tampak di wilayah Selma, Alabama, pada 12 Januari 2023, setelah cuaca buruk menimpa wilayah tersebut. (Foto: AP/Butch Dill)
Reruntuhan bangunan tampak di wilayah Selma, Alabama, pada 12 Januari 2023, setelah cuaca buruk menimpa wilayah tersebut. (Foto: AP/Butch Dill)

Angin puyuh raksasa melanda bagian Selatan Amerika Serikat pada Kamis (12/1), menewaskan sedikitnya enam orang di wilayah Alabama tengah, kata pihak berwenang. Tornado telah merobek dinding rumah, merobohkan atap dan menumbangkan pohon-pohon di Kota Selma, negara bagian Alabama.

Ernie Baggett, direktur manajemen darurat di Autauga County, Alabama, mengatakan kepada kantor berita Associated Press bahwa dia dapat memastikan enam korban jiwa tersebar di beberapa rumah di komunitas Old Kingston. Baggett mengatakan rumah mobil dan rumah konvensional sama-sama mengalami kerusakan.

Ia menambahkan, sedikitnya 12 orang terluka cukup parah untuk dibawa ke rumah sakit oleh petugas tanggap darurat.

Autauga County terletak sekitar 66 kilometer di sebelah timur laut Selma.

Para pejabat memperkirakan bahwa 40 hingga 50 rumah rusak atau hancur oleh badai yang memotong jalur di seluruh county, kata Baggett. Dia mengatakan para kru difokuskan pada Kamis malam untuk menebang pohon-pohon yang tumbang guna mencari orang-orang yang mungkin terluka.

Secara nasional, hingga Kamis malam, terdapat 33 laporan tornado dari Badan Layanan Cuaca Amerika Serikat. Peringatan tornado masih berlaku di Georgia, South Carolina dan North Carolina. Namun laporan itu belum dikukuhkan dan sebagian di antaranya nantinya dapat diklasifikasi sebagai kerusakan akibat angin setelah penilaian dilakukan dalam beberapa hari mendatang. [ka/rs]

Forum

XS
SM
MD
LG