Tautan-tautan Akses

Tokunoshima Tolak Jadi Tuan Rumah bagi Pangkalan Militer AS


Tiga walikota dari pulau kecil di Jepang selatan itu menyatakan penolakan mereka saat bertemu PM Yukio Hatoyama, Jumat.

Pejabat-pejabat dari sebuah pulau kecil di Jepang hari Jumat mengatakan mereka tidak ingin menjadi tuan rumah pasukan Amerika yang memperumit rencana merelokasi pangkalan marinir Amerika di Okinawa.

Tiga walikota dari pulau Tokunoshima, Jepang Selatan bertemu dengan Perdana Menteri Yukio Hatoyama hari Jumat. Mereka menyerahkan sebuah petisi yang ditandatangani sebagian besar penduduk pulau itu yang menentang rencana Perdana Menteri untuk merelokasi pangkalan marinir Amerika itu.

Awal minggu ini, Hatoyama memungkiri janji kampanye pemilihannya untuk memindahkan pangkalan udara Futenma dari Okinawa. Ia mengatakan sebagian operasi pangkalan itu akan tetap berada di pulau tersebut sesuai dengan perjanjian 2006 antara Tokyo dan Washington.

Perdana Menteri Hatoyama hari Selasa menawarkan rencana kompromi yang termasuk pemindahan beberapa fasilitas Futenma ke pulau Tokunoshima yang terpencil.

Okinawa menampung lebih dari 50 persen dari ke 47 ribu tentara Amerika yang ditempatkan di Jepang berdasarkan sebuah perjanjian keamanan.

XS
SM
MD
LG