Tautan-tautan Akses

Tips Belanja Bijak Selama Libur Natal


Pernak-pernik hiasan Natal terlihat di Brookfield Place, di Lower Manhattan di Kota New York, pada saat pengunjung sibuk berbelanja, 1 Desember 2017.

Sebuah studi menunjukkan bahwa mencicil belanja hadiah musim liburan sesuai jadwal yang tersusun rapi dan hanya membeli sejumlah kecil barang setiap belanja, bisa membantu konsumen mengontrol dorongan belanja yang sering kali merusak anggaran rumah tangga.

Studi dari para peneliti di Texas A&M University meneliti bagaimana konsumen bisa mengontrol dirinya sendiri pada saat melakukan pekerjaan-pekerjaan, seperti misalnya melakukan pembelian. Studi tersebut menemukan orang-orang harus memacu diri sendiri untuk mencapai tujuan yang lebih besar.

"Coba menghemat energi Anda. Jangan terlalu keras pada diri Anda karena akan menjadi bumerang," kata Marco Palma, direktur Laboratorium Perilaku Manusia di Texas A&M dan salah satu pengarang dari studi yang berjudul "Kontrol Diri: Pengetahuan atau Sumber Daya yang bisa hilang." Studi ini akan diterbitkan di Journal of Economic Behavior & Organization.

Palma menyarankan untuk membuat daftar dan membaginya menjadi beberapa target belanja kecil. Belanja online dan lebih awal bisa membantu menghemat energi, sehingga bisa membantu konsumen melatih menahan diri.

"Mematuhi daftar belanja bisa membantu Anda tidak belanja lebih dari anggaran," kata Palma dalam wawancara minggu ini.

Cara belanja paling buruk sebagai upaya menahan diri dari dorongan belanja adalah menunggu sampai saat-saat terakhir untuk berbelanja hadiah dan berbelanja dalam jumlah besar.

Studi tersebut menggunakan data biometric termasuk pelacak mata dan pemindai otak untuk mengukur seberapa baik orang-orang mengikuti pekerjaan-pekerjaan mudah dan sulit yang membutuhkan kontrol diri.

Studi menemukan tindakan menahan diri secara moderat di awal bisa meningkatkan kemampuan kontrol diri dengan meningkatkan rasa percaya diri dan motivasi. Namun memaksakan terlalu menahan diri malah bisa menggerus kemampuan tersebut.

Tapi manusia tetap manusia, mereka bisa saja melenceng. Seorang konsumen yang telah selesai berbelanja sesuai daftar yang mereka susun, bisa sedikit berfoya-foya untuk menghadiahi diri sendiri, kata Palma. [fw]

XS
SM
MD
LG