Tautan-tautan Akses

Tiongkok, Jepang Saling Tuduh Soal Insiden Radar


Jepang menuduh kapal AL Tiongkok (kiri) mengunci radar pengarah senjatanya ke arah kapal Jepang, namun dibantah oleh Beijing (foto: dok).
Jepang menuduh kapal AL Tiongkok (kiri) mengunci radar pengarah senjatanya ke arah kapal Jepang, namun dibantah oleh Beijing (foto: dok).

Kementerian Pertahanan Tiongkok membantah tuduhan Jepang bahwa sebuah kapal perangnya mengunci radar-pengarah senjatanya ke arah kapal Jepang.

Tiongkok dan Jepang terlibat dalam retorika panas babak baru mengenai tuduhan Tokyo bahwa sebuah kapal perang Tiongkok akhir bulan lalu mengunci radar-pengarah senjatanya ke sebuah kapal Jepang di dekat pulau yang disengketakan.

Kementerian Pertahanan Tiongkok membantah tuduhan itu, mengatakan tuduhan Jepang itu tidak didukung fakta-fakta.

Seorang juru bicara kementerian, Hua Chunying, hari Jumat menuduh Jepang "memprovokasi" sengketa itu, dan mengatakan kapal-kapal dan pesawat Jepang melacak dan memantau kapal-kapal Tiongkok yang melakukan misi latihan biasa di perairan internasional.

Menteri Luar Negeri Jepang Fumio Kishida menolak bantahan Tiongkok. Dia mengatakan analisis insiden itu oleh Kementerian Pertahanan Jepang mengkonfirmasi bahwa sebuah kapal angkatan laut Tiongkok mengunci radar-pengarah senjatanya ke sebuah kapal Jepang di Laut Cina Timur pada tanggal 30 Januari.

Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe menyebut tindakan Tiongkok itu "berbahaya" dan mengatakan hal itu bisa menyebabkan tabrakan.

Pertengkaran itu adalah peningkatan terbaru dalam sengketa sejak lama antara Jepang dan Tiongkok tentang kepemilikan sekelompok pulau di Laut Cina Timur. Pulau-pulau tak berpenghuni itu, yang dikenal sebagai Senkaku di Jepang dan Diaoyu di Tiongkok, dikelilingi oleh perairan kaya ikan dan kemungkinan endapan-endapan energi.

Recommended

XS
SM
MD
LG