Tautan-tautan Akses

AS

Tingkat Pengangguran di AS 3,5%, Terendah dalam 50 Tahun


Tingkat pengangguran di Amerika merosot pada bulan September ke tingkat terendah baru dalam lima dekade menjadi 3,5 persen. (Foto: iluistrasi).

Tingkat pengangguran di Amerika merosot pada bulan September ke tingkat terendah baru dalam lima dekade menjadi 3,5 persen. Sementara itu pengusaha merekrut 136 ribu pekerja baru.

Departemen Tenaga Kerja menyatakan meskipun tingkat pengangguran sangat rendah, turun dari 3,7 persen pada Agustus lalu, rata-rata upah per jam turun satu sen. Upah per jam naik hanya 2,9 persen dari setahun sebelumnya, lebih rendah daripada kenaikan 3,4 persen pada awal tahun ini.

Penambahan pekerja juga melamban tahun ini karena perang dagang AS-China telah meningkat, pertumbuhan global melambat, dan pengusaha mengurangi anggaran investasi mereka. Meskipun demikian, penambahan tenaga kerja baru rata-rata mencapai 157 ribu orang dalam tiga bulan belakangan, cukup untuk mengurangi tingkat pengangguran selama itu.

Tingkat pengangguran di kalangan Hispanik turun 3,9 persen, yang terendah dalam catatan yang direkam sejak 1973. [uh/lt]

XS
SM
MD
LG