Tautan-tautan Akses

Tingkat Kesiagaan Ditingkatkan di Pulau Kecil di Jepang Selatan


Letusan Gunung Shindake di pulau Kuchinoerabujima, Prefektur Kagoshima, barat daya Jepang, 29 Mei 2015. ( REUTERS/Japan Meteorological Agency/Handout via Reuters -Videograb).

Jepang menaikan tingkat kesiagaan di sebuah pulau volkanik kecil di di bagian selatan negara itu, Rabu (15/8), dan mendesak sekitar 105 penghuni pulau itu untuk bersiap melakukan evakuasi menyusul kemungkinan meletusnya gunung di pulau itu.

Badan Meterologi Jepang menaikan kesiagaan di Pulau Kuchinoerabu dari tingkat dua ke tingkat empat dalam skala lima. Badan itu mengatakan telah mendeteksi adanya peningkatan aktivitas Gunung Shindake di pulau itu.

Gunung api itu terakhir kali meletus pada Mei 2015 sehingga memaksa seluruh dari sekitar 140 warga Pulau Kuchinoerabu menyelamatkan diri ke Pulau Yakushima selama beberapa bulan. Menurut sejumlah pejabat, hingga awal Agustus tahun ini, 105 di antara mereka telah pulang ke pulau volkanik itu.

Pulau Kuchinoerabu terletak di sebelah selatan pulau besar Kyushu. Pulau itu hanya bisa dijangkau oleh kapal feri dari Yakushima, sebuah pulau yang lebih besar yang terletak sekitar 12 kilometer dari bagian timur Khuchinoerabu.

Jepang memiliki sekitar 100 gunung berapi dan seringkali diguncang gempa. [ab/uh]

Recommended

XS
SM
MD
LG