Tautan-tautan Akses

AS

Jajak Pendapat: Tingkat Dukungan Rakyat AS terhadap Trump Meningkat


Presiden AS Donald Trump mengalami peningkatan dukungan rakyat pekan ini.

Presiden AS Donald Trump mengalami peningkatan dukungan rakyat pekan ini menyusul keputusannya untuk menyediakan dana bagi bantuan bencana badai dan kerjasamanya dengan para tokoh Partai Demokrat untuk mencegah penutupan operasi pemerintah.

Menurut jajak pendapat NBC/Wall Street Journal yang dirilis Kamis, tingkat dukungan terhadap Trump mencapai 43 persen, naik tiga poin sejak Agustus. Meski demikian, 52 persen responden menyatakan tidak setuju dengan apa yang dilakukan Trump sebagai presiden.

Sebuah jajak pendapat lain yang dilakukan Politico/Morning Consult menunjukkan peningkatan serupa, yakni naik menjadi 43 persen dari 39 persen di bulan Agustus. Jajak pendapat RealClearPolitics menunjukkan tingkat dukungan terhadap Trump mencapai 40 persen, meningkat 2,5 poin dari tingkat terendahnya pada bulan lalu.

Meningkatnya dukungan terhadap Trump terjadi setelah ia menentang keinginan para pemimpin Partai Republik, dan membuat kesepakatan dengan para pemimpin partai Demokrat untuk menyediakan dana pertolongan bagi mereka yang terimbas bencana badai dan mengalirkan dana untuk mempertahankan operasi pemerintah selama 90 hari setelah pagu pengeluaran yang berlaku sekarang habis masa berlakunya tanggal 30 September.

Menurut jajak pendapat NBC/Wall Street Journal, 71 persen responden menyatakan menyetujui kesepakatan Trump untuk mendanai bantuan badai dan mempertahankan operasional pemerintah. [ab/uh]

XS
SM
MD
LG