Tautan-tautan Akses

Tindakan AS Hentikan Pembebasan Tanker Iran di Gibraltar


Supertanker Grace 1 di perairan Gibraltar, Kamis, 15 Agustus 2019.

Amerika Serikat, Kamis (15/8) bertindak untuk menyita kapal supertanker Iran yang ditahan di Gibraltar, karena melanggar sanksi-sanksi internasional terkait pengiriman minyak. Ini menggagalkan upaya pihak berwenang di London dan teritori Inggris di luar negeri itu untuk meredakan ketegangan dengan Teheran.

Pemerintah Gibraltar mengukuhkan laporan terdahulu media bahwa Departemen Kehakiman Amerika telah meminta perpanjangan penahanan tanker minyak Grace 1, mendorong Mahkamah Agung Gibraltar untuk menangguhkan keputusan yang telah dijadwalkan Kamis ini mengenai apakah akan membebaskan kapal itu.

“Departemen Kehakiman Amerika telah mengajukan untuk menahan Grace 1 atas sejumlah tuduhan yang sekarang sedang dipertimbangkan,” sebut pemerintah Gibraltar dalam suatu pernyataan, seraya menambahkan bahwa masalah itu akan dievaluasi pengadilan pada pukul 4 sore.

Departemen Kehakiman tidak segera menanggapi permintaan untuk berkomentar. Kementerian Luar Negeri Inggris menyatakan bahwa “penyelidikan yang dilakukan terkait Grace 1 adalah masalah pemerintah Gibraltar” dan tidak dapat berkomentar lebih jauh karena investigasi sedang berlangsung.

Meskipun tidak ada reaksi segera dari Teheran, langkah Amerika itu kemungkinan besar akan memicu ketegangan lebih lanjut di Teluk Persia. [uh/ab]

XS
SM
MD
LG