Tautan-tautan Akses

Tim Pendaki Kumpulkan 11 Ton Sampah dari Gunung Everest


Para pekerja dari perusahaan daur ulang memuat sampah yang dikumpulkan dari Gunung Everest di Kathmandu, Nepal, 5 Juni 2019.
Para pekerja dari perusahaan daur ulang memuat sampah yang dikumpulkan dari Gunung Everest di Kathmandu, Nepal, 5 Juni 2019.

Tim pendaki mengangkut 11 ton sampah dari Gunung Everest sebagai bagian dari upaya membersihkan gunung tertinggi di dunia itu.

Ekspedisi pemerintah Nepal selama 45 hari itu mengumpulkan pembungkus makanan, kaleng, botol, tabung oksigen kosong dan limbah lainnya, demikian dilaporkan harian Times of India.

Mereka juga menemukan mayat empat pendaki. Mayat-mayat itu belum diidentifikasi, dan tidak diketahui kapan mereka meninggal.

Sejak puncak setinggi 8.850 meter itu ditaklukkan pada 1953, sekitar 300 pendaki tewas di Gunung Everest. Pendaki tidak selalu bisa membawa turun mayat-mayat itu dari gunung, sehingga banyak yang dibiarkan terkubur salju. Tetapi kemudian mayat itu akan tampak ketika salju mencair.

Bulan lalu, sembilan pendaki tewas di Gunung Everest pada sisi Nepal, dan dua pendaki pada sisi Tibet, menjadikan musim pendakian ini paling mematikan sejak 2015.

Pejabat-pejabat belum bisa memperkirakan seberapa banyak sampah di Everest.[ka]

XS
SM
MD
LG