Tautan-tautan Akses

Tillerson Berjanji Perkuat Kemitraan Strategis AS-Polandia


Menlu Amerika Rex Tillerson (kiri) bertemu Presiden Polandia Andrzej Duda, di Warsawa hari Jumat (26/1).

Menlu Amerika Rex Tillerson akan berupaya memperkuat kemitraan strategis Washington dengan Warsawa, demikian hasil pertemuan dengan pemimpin-pemimpin Polandia pada Sabtu, dimana hubungan keamanan dan kerja sama di bidang energi merupakan prioritas agenda pembicaraan.

Di Warsawa, Menlu Tillerson akan meletakkan karangan bunga dan memberi sambutan di Monumen Pembrontakan Ghetto Warsawa guna memperingati tahun ke 73 dari pembebasan kamp Auschwitz.

Diplomat tertinggi Amerika itu merencanakan untuk membahas sejumlah isu, termasuk tantangan global, keamanan kawasan, dan juga kemakmuran ekonomi, demikian menurut juru bicara Deplu AS, Heather Nauert.

“Maksud dari lawatan menteri adalah untuk menggaris-bawahi pentingnya kemitraan dan persahabatan dengan Polandia dan rakyat Polandia, khususnya sebagai salah satu sekutu NATO kita yang paling dekat,” kata Nauert kepada reporter pada Kamis (25/1).

Lawatan Tillerson ke Polandia berlangsung pada saat Amerika berupaya meningkatkan ekspor gas alam cair atau LNG Amerika ke Eropa tengah dan merebut monopoli Rusia atas pasokan energi di kawasan itu.

Pejabat senior Amerika telah mengatakan, Washington bersedia membantu negara-negara Eropa melakukan diversifikasi pasokan energi mereka sehingga mereka tidak sepenuhnya bergantung kepada Rusia.

Pada 7 Juni 2017, pengapalan LNG Amerika yang pertama tiba di Polandia. [ps/jm]

XS
SM
MD
LG