Tautan-tautan Akses

Tiga Tentara Amerika Tewas di Afghanistan timur


Pasukan khusus Afghanistan berpatroli di Pandola desa dekat lokasi pengemboman AS di distrik Achin provinsi Nangarhar di Afghanistan Timur, 14 April 2017. (Foto: dok.)

Tiga orang tentara Amerika tewas dan seorang lagi luka-luka hari Sabtu di Afghanistan timur, kata Pentagon.

Seorang pejabat Afghanistan mengatakan korban tersebut jatuh akibat serangan seorang tentara Afghanistan, yang juga tewas.

Dalam pernyataan dari Washington, Pentagon tidak memberi keterangan lebih jauh mengenai apa yang mengakibatkan tewasnya tentara Amerika itu. Pernyataan itu mengatakan insiden tersebut sedang dalam penyelidikan.

Seorang juru bicara gubernur provinsi Nangarhar, Afghanistan, Attahullah Khogyani, mengatakan dalam pernyataan bahwa serangan tersebut terjadi di daerah Achin.

Taliban telah mengaku bertanggung-jawab atas serangan itu. Juru bicara Taliban Zabihullah Mujahid mengatakan dalam pernyataan bahwa seorang yang setia kepada Taliban telah menyusup kedalam tentara Afghanistan "hanya untuk menyerang pasukan asing."

Bulan Maret lalu, seorang tentara Afghanistan tewas setelah ia melepaskan tembakan terhadap pasukan asing di sebuah pangkalan di provinsi Helmand, yang melukai tiga tentara Amerika.

Juru bicara Gedung Putih Raj Shah mengatakan kepada para wartawan yang menyertai Presiden Donald Trump di New Jersey bahwa Trump "mengikuti keadaan yang baru muncul di Afghanistan." [gp]

XS
SM
MD
LG