Tautan-tautan Akses

Tidak Bergeming, Biden Katakan ‘Kemarahan Moral’ sebagai Alasan Komentarnya Soal Putin


Presiden Joe Biden berbicara soal Presiden Rusia Vladimir Putin dan invasi Rusia atas Ukraina di Gedung Putih, Washington, 28 Maret 2022. (AP Photo/Patrick Semansky)
Presiden Joe Biden berbicara soal Presiden Rusia Vladimir Putin dan invasi Rusia atas Ukraina di Gedung Putih, Washington, 28 Maret 2022. (AP Photo/Patrick Semansky)

Kata-kata Presiden Amerika Joe Biden tentang Presiden Rusia Vladimir Putin dalam lawatan diplomatiknya di Eropa mungkin akan paling diingat. Kata-kata itu berbunyi: “Orang ini tidak bisa tetap berkuasa.” Dua hari setelah pidatonya, Biden mengklarifikasi bahwa meskipun dia tidak akan menarik kata-katanya, Amerika tidak berencana untuk menggulingkan Putin dari jabatannya.

Setelah tiga hari pertemuan yang panjang dan negosiasi yang rumit, kesepakatan yang tegas, dan janji yang sungguh-sungguh, semuanya berujung pada sembilan kata tentang Presiden Rusia Vladimir Putin:

“For God's sake. This man cannot remain in power.” (Demi Tuhan, orang ini tidak bisa tetap memegang kekuasaan)

Kembali di Washington, D.C. pada hari Senin, Presiden Biden membela diri dengan kata-katanya – tetapi mengklarifikasi niatnya. “Saya tidak menarik kata-kata saya. Faktanya saya mengungkapkan kemarahan moral yang saya rasakan terhadap cara Putin bertingkah laku dan tindakan orang ini, yang merupakan kebrutalan, dengan separuh dari seluruh anak Ukraina mengungsi. Saya baru saja datang dan bertemu dengan keluarga-keluarga itu.”

Tetapi para analis mengatakan pernyataan itu berbahaya bagi diplomasi Amerika. Andrew Lohsen, dari Pusat Studi Strategis dan Internasional, adalah salah seorang analis yang berpendapat demikian.

“Ini benar-benar mengkonfirmasi beberapa kecurigaan terburuk tentang apa yang sebenarnya diinginkan Amerika Serikat dalam urusan global. Saya pikir dalam hal reaksi dari negara-negara lain di seluruh dunia, tentu saja, komentar itu tidak disukai. Kami tentu melihat reaksi dari mitra-mitra Eropa lainnya yang mengklarifikasi bahwa Amerika Serikat tidak boleh dan tidak dapat menggunakan bahasa yang meningkatkan ketegangan seperti ini. Jadi saya pikir, komentar itu sayangnya akan terus bergema selama dalam beberapa waktu ke depan,” jelasnya.

Biden, yang mengatakan dia tersentuh oleh pengungsi Ukraina yang ditemuinya di Polandia, menekankan bahwa dia tidak mengancam Putin dengan perubahan rezim.

Leon Aron, analis dari American Enterprise Institute, lembaga kajian kebijakan publik di Washington, D.C. dan pengamat sepak terjang Krempin, mengatakan bahwa Putin kemungkinan akan mengabaikan pembicaraan semacam itu untuk saat ini.

“Putin bukan seorang anak kecil. Ingat, dia pernah disebut pembunuh, lalu mereka (Biden dan Putin) saling tersenyum dan berjabat tangan. Jadi saya percaya bahwa dalam jangka panjang, saya kira itu tidak akan menghambat apa pun. Sekarang, jika dikatakan bahwa dia akan melupakannya, tidak, tentu saja tidak. Dia tidak akan melupakannya, dan dia pasti akan berusaha mengungkitnya kembali dengan Biden.

Aron mengatakan Putin tidak mungkin mengubah arah dalam konflik brutal, yang sekarang memasuki bulan kedua. Pada hari Senin, televisi pemerintah Rusia menyiarkan apa yang dikatakan sebagai bagian dalam teater yang dihancurkan oleh pemboman Rusia pada 16 Maret di kota Mariupol, Ukraina selatan.

Warga sipil yang berlindung di sana mengatakan mereka telah mengikatkan bendera putih di puncak gedung itu dan menuliskan kata-kata “ANAK-ANAK” dengan huruf-huruf besar berwarna putih di tanah, sehingga terlihat dari udara.

Para pejabat Ukraina memperkirakan bahwa sekitar 300 orang tewas dalam serangan itu. [lt/jm]

XS
SM
MD
LG