Tautan-tautan Akses

Thailand Pangkas Perkiraan Kedatangan Wisatawan untuk 2017


Seorang wisatawan China sedang berfoto di depan patung pada saat mengunjungi Grand Palace di Bangkok, Maret 2015. (Foto:Dok)

Pemerintah Thailand memperkirakan jumlah wisatawan yang berkunjung ke negara itu pada 2017 akan mencapai antara 33 juta hingga 34 juta orang, turun dari perkiraan awal 35 juta wisatawan, Menteri Pariwisata Thailand mengatakan Kamis (12/10).

"Hingga saat ini, Thailand sudah menyambut 27 juta wisatawan. Jadi untuk keseluruhan tahun, kita bisa mendapat 33-34 juta," kata Menteri Pariwisata Kobkarn Wattanavrangkul kepada wartawan.

Dia tidak memberikan alasan penurunan perkiraan jumlah wisatawan.

Walaupun jumlah wisatawan diperkirakan lebih kecil, jumlah ini masih mencapai rekor untuk Thailand yang tahun lalu kedatangan 32.6 juta wisatawan dengan jumlah terbanyak adalah wisatawan China.

Kedatangan wisatawan hingga saat ini sudah naik 5,6 persen dari periode yang sama di 2016. Sebanyak 7,63 juta dari total 26,9 juta wisatawan yang datang ke Thailand, berasal dari China, kata Kobkarn.

Thailand menarik lebih banyak turis China selama masa liburan 'Pekan Emas' yang baru saja berakhir, dibanding tahun lalu.

Thailand bergantung pada pariwisata yang mencapai 12 persen dari ekonomi negara tersebut.

Gejolak politik dan kudeta pada 2014 serta banjir besar pada 2011 sempat memukul industri pariwisata Thailand. Namun, pariwisata negara itu pulih dengan cepat. [fw/au]

XS
SM
MD
LG