Tautan-tautan Akses

Thailand Berlakukan Jam Malam Setelah Kerusuhan


Pasukan keamanan Thailand diperintahkan untuk menembak siapa saja yang menjarah atau melakukan pembakaran.

Pemerintah Thailand memberlakukan jam malam di Bangkok dan paling sedikit 21 provinsi, menyusul kerusuhan dan serangan pembakaran yang meletup setelah ofensif militer Rabu terhadap pengunjuk rasa anti pemerintah.

Penguasa mengatakan pasukan keamanan diperintahkan untuk menembak siapa saja yang berusaha menjarah atau melakukan pembakaran.

Pengunjuk rasa membakar bangunan-bangunan di seluruh ibukota Rabu, meskipun pemimpin mereka menyerukan agar menyerah setelah terjadi penumpasan mematikan oleh fihak militer.

Paling sedikit 17 lokasi dibakar, termasuk pasar saham Thai, salah satu mal belanja terbesar di Asia Tenggara, Central World, sebuah gedung bioskop, beberapa bank dan sebuah stasiun televisi lokal.

Kekerasan juga menjalar ke luar ibukota, di Udon Thani dan Khon Kaen terjadi usaha pembakaran gedung-gedung pemerintah.

Serangan ini dilakukan hanya beberapa jam setelah tentara Thailand mempergunakan kendaraan lapis baja untuk menembus barikade bambu dan ban mobil fihak Kaos Merah yang dibangun di seputar pangkalan protes. Pasukan menembak ke arah pemrotes untuk mengusir mereka keluar dari pangkalan mereka. Paling sedikit 6 orang tewas dalam bentrokan ini dan hampir 60 lainnya luka-luka.

XS
SM
MD
LG