Tautan-tautan Akses

Tersangka Serangan Stockholm Disebut dalam Dokumen Pengadilan


Orang-orang mengheningkan cipta dekat toserba Ahlens di Stockholm, Swedia tanggal 10 April 2017 untuk menghormati empat korban yang tewas dan 15 korban cedera lainnya dalam sebuah serangan truk yang fatal (foto: AP Photo/Markus Schreiber)

Seoran pria Uzbekistan berusia 39 tahun, Rakhmat Akilov, telah dikukuhkan dalam dokumen-dokumen pengadilan Swedia sebagai pelaku serangan truk di Stockholm.

Dokumen-dokumen pengadilan Swedia mengukuhkan nama laki-laki Uzbekistan usia 39 tahun yang ditahan terkait dengan serangan truk di Stockholm bernama Rakhmat Akilov.

Akilov diduga membunuh empat orang dan mencederai 15 lainnya dengan menabrakkan truk pengangkut bir curian ke pusat perbelanjaan di Stockholm pusat hari Jumat.

Dokumen-dokumen pengadilan menunjukkan bahwa Akilov, yang permohonannya menjadi penduduk Swedia ditolak tahun lalu adalah tersangka kejahatan terhadap keamanan nasional dan terorisme.

Pengadilan itu mengatakan akan memutuskan mengenai penahanannya hari Selasa.

Ketua riset teror Universitas Pertahanan Swedia di Stockholm mengatakan jaksa biasanya kesulitan mengajukan tuntutan atas tuduhan terorisme dalam sistem pengadilan di Swedia.

Di daerah pinggiran Spanga, kurang dari 20 kilometer di luar Stockholm catatan pengadilan menunjukkan Akilov tinggal di sebuah bangunan apartemen sederhana di lingkungan yang sepi.

Penduduk salah satu bangunan mengatakan sejak serangan itu lingkungan itu menjadi semakin sepi. Polisi mengatakan Akilov dikenal bersimpati kepada organisasi ekstremis.

Polisi menahan seorang pria lainnya dalam kasus itu tapi tidak memberi penjelasan lebih jauh. [my/al]

XS
SM
MD
LG