Tautan-tautan Akses

AS

Tersangka Pengirim Surat Berisi Racun Risin untuk Trump, Ditahan


Petugas Departemen Pertahanan, mengenakan baju pelindung, menyortir surat-surat yang masuk di sebuah fasilitas dekat Pentagon di Washington D.C., 2 Oktober 218.

Pihak berwajib telah menahan William Clyde Allen asal Logan di negara bagian Utah terkait dengan surat mencurigakan yang dikirim kepada Presiden AS Donald Trump dan Pentagon. Ia ditangkap, Rabu (3/9), atas tuduhan mengirim surat yang berisi biji buah jarak yang bisa menjadi bahan pembuatan racun risin.

Satu surat dikirim kepada Presiden Trump, namun menurut Secret Service (Dinas Rahasia), surat itu tidak pernah sampai di Gedung Putih.

Dua surat dikirim ke Pentagon. Satu surat untuk Menteri Pertahanan Jim Mattis dan satu lagi untuk Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana John Richardson.

Risin adalah racun alami yang terdapat pada biji jarak. Jika dihirup atau diinjeksikan dalam bentuk sudah diolah, risin dapat membunuh orang dalam waktu 48 jam sesudah terpapar.

Menurut US Centers for Disease Control and Prevention (CDC) tidak ada obat penawar untuk mengobati kasus keracunan risin. [al]

XS
SM
MD
LG