Tautan-tautan Akses

Teroris Al-Shabab Menentang Presiden Somalia yang Baru Terpilih


Presiden Somalia yang baru terpilih, Mohamed Abdullahi Farmajo diapit oleh presiden sebelumnya Hassan Sheikh Mohamud (kiri) berpidato di depan para anggota parlemen, setelah memenangkan pemilihan (8/2). Mogadishu, Somalia. (foto: REUTERS/Feisal Omar)

Kelompok pemberontak Islamis, menurut seorang pejabat tinggi al-Shahab, menentang terpilihnya Mohamed Abdullahi Farmajo sebagai presiden Somalia.

Seorang pejabat tinggi al-Shabab telah mengatakan kelompok pemberontak Islamisnya menentang terpilihnya Mohamed Abdullahi Farmajo sebagai presiden Somalia.

Hassan Yaqub Ali, seorang anggota pimpinan al-Shabab dan gubernur daerah Galgudud kelompok ektrimis itu mengancam akan menyerang suku-suku dan siapapun yang bekerjasama dengan presiden baru.

“Kami akan memeranginya dalam masa-jabatan 4-tahunnya,” katanya dalam pidato yang diudarakan media al-Shabab Sabtu malam.

Farmajo dipilih oleh parlemen Somalia tanggal 8 Februari dalam pemilihan yang disambut luas dan dirayakan oleh rakyat Somalia.

Banyak yang merayakannya memuji prestasi Farmajo dalam tujuh bulan ia sebagai perdana menteri tahun 2010 dan 2011. Pada waktu itu, Farmajo membayar gaji staff pemerintah dan militer. Ia juga memegang peran kunci dalam menggerakkan tentara Somalia yang lemah untuk bertempur bersama pasukan Uni Afrika dalam serangan yang memukul mundur al-Shabab dari istana presiden. [gp]

XS
SM
MD
LG