Tautan-tautan Akses

AS

Terminal Pelabuhan AS Dibuka Kembali Setelah Ada Ancaman Bom


Sebuah kapal kontainer di terminal Wando-Welch, Mount Pleasant, South Carolina, 18 Februari 2015 (Foto: dok).

Garda Pantai Amerika, Kamis (15/6) menyatakan sebuah terminal pelabuhan di South Carolina aman dibuka kembali setelah para penyelidik menetapkan “tidak ada ancaman” terkait kekhawatiran sebelumnya mengenai kemungkinan bom kotor (dirty bomb), atau yang lebih dikenal sebagai radioactive dispersal devices (RDD), dalam sebuah kapal yang tiba Rabu malam (14/6).

Ancaman yang melibatkan Maersk Memphis itu membuat pihak berwenang mengevakuasi terminal Wando di Charleston, sementara para investigator federal dan lokal menyelidikinya. Garda Pantai, Kamis pagi (15/6) menyatakan empat peti kemas telah diperiksa dan dinyatakan aman oleh pihak berwenang.

Maersk Line menyatakan kapal yang dioperasikannya itu tiba hari Rabu sekitar pukul 8 malam, dan pada waktu itu pula Garda Pantai memberitahu perusahaan mengenai ancaman tersebut.

“Kapal itu segera dievakuasi dan seluruh awak aman dan berada di darat,” kata petugas humas Maersk Mikkel Elbek Linnet kepada VOA. Ia menambahkan pihaknya bekerjasama penuh dengan pihak berwenang dalam menangani situasi di sana. [uh/ab]

XS
SM
MD
LG