Tautan-tautan Akses

Terkait Surat ke WHO, AS Dituding China Hindari Tanggung Jawab


Juru bicara Kementerian Luar Negeri China, Zhao Lijian di Beijing, 8 April 2020. (Foto: dok).

China mengatakan AS sedang berusaha mengalihkan kecaman yang seharusnya diterima Washington karena keliru menangani krisis Covid-19 ke pihak lain. Pernyataan Kementerian Luar Negeri China itu, Selasa (19/5), dikeluarkan untuk menanggapi surat Trump baru-baru ini ke WHO bahwa AS bukan tidak mungkin secara permanen menghentikan pendanaan untuk badan kesehatan PBB tersebut.

Trump, Senin (18/5), mengancam akan mempertimbangkan kembali keanggotaannya di WHO jika organisasi itu tidak berkomitmen untuk melakukan perbaikan signifikan dalam 30 hari. Ia juga menuding WHO semakin tidak independen karena pengaruh China.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri China, Zhao Lijian, mengatakan, pemerintah AS sedang berusaha memburuk-burukkan China karena kekeliruannya dalam menangani krisis virus corona di dalam negeri.Ia menuding, AS memanfaatkan China untuk menghindari tanggung jawabnya sendiri.

Dalam surat yang diajukan ke Dirjen WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus, Trump menyampaikan serangkaian kecamannya. Trump di antaranya menyatakan bahwa WHO berulang kali membuat pernyataan terkait virus itu yang sangat tidak akurat dan menyesatkan.

WHO tidak cukup menekan China untuk segera menerima kedatangan para pakar internasional untuk menyelidiki virus itu, dan WHO memuji larangan bepergian China yang diberlakukan di dalam negeri sementara mengecam keputusan Trump untuk melarang masuk mereka yang baru bepergian dari China. [ab/uh]

Recommended

XS
SM
MD
LG