Tautan-tautan Akses

Terkait Hezbollah, Brazil Tangkap Seorang Laki-Laki


Assad Ahmad Barakat, warga Lebanon, dikawal ketat pihak berwenang saat akan disidang di pengadilan Asuncion, Paraguay, 17 November 2003. (Foto: dok).

Polisi Brazil telah menangkap seorang laki-laki Lebanon yang dicurigai Amerika sebagai salah seorang pendukung utama keuangan Hezbollah, kelompok militan di Lebanon.

Assad Ahmad Barakat ditangkap, Jumat (21/9) di kota Foz Lo Iguacu, Brazil. Kota itu terletak di perbatasan tiga negara yang dikenal sebagai “Tri-Border Area” yaitu antara Brazil, Argentina dan Paraguay. Daerah itu telah sejak lama dikenal sebagai tempat persembunyian para penyelundup, pemalsu barang dan pedagang narkoba atau manusia.

Barakat dicari di Paraguay karena pencurian identitas dan surat perintah penangkapannya telah dikeluarkan sejak bulan lalu. Ia menghabiskan waktu selama enam tahun di penjara di Paraguay karena pengelakan pajak, tetapi dibebaskan pada tahun 2008.

Polisi Brazil mengatakan ‘’anggota klan Barakat melakukan pembelian bernilai 10 juta dolar tanpa menyebutkan nilainya, di sebuah kasino di kota Iguazu, dengan tujuan mencuci uang organisasi itu.

Otorita berwenang mengatakan Argentina juga menuduh Barakat melakukan pencucian uang bagi Hezbollah dan telah membekukan uang dan seluruh aset Barakat.

Belum diketahui apakah Barakat akan menghadapi tuduhan-tuduhan itu di Brazil atau diekstradisi ke Paraguay.

Amerika telah menggambarkan Barakat sebagai ‘’teroris global.’’ [em]

Recommended

XS
SM
MD
LG