Tautan-tautan Akses

TEPCO Dapatkan Kembali Izin Operasikan Reaktor Nuklir di Jepang


Wild turkeys cross a street on the eve of Thanksgiving in Staten Island, New York, Nov. 25, 2020.
Wild turkeys cross a street on the eve of Thanksgiving in Staten Island, New York, Nov. 25, 2020.

Perusahaan listrik Jepang yang dituduh bertanggungjawab atas bencana nuklir Fukushima pada tahun 2011 telah menerima persetujuan untuk mengoperasikan kembali reaktor-reaktornya.

Badan Pengawas Nuklir Jepang mengatakan, Rabu, dua reaktor milik Tokyo Electric Power Co (TEPCO) di bagian utara Jepang telah memenuhi standar-standar baru yang lebih ketat.

Badan tersebut dengan suara bulat menyetujui sebuah rancangan sertifikat izin operasi untuk reaktor nomor 6 dan 7 di Instalasi Kashiwazaki-Kariwa, sebuah langkah pertama untuk mengoperasikan kembali reaktor-reaktor itu.

Persetujuan itu belum dinyatakan resmi sebelum mendapat masukan dari publik dan menteri perdagangan. Untuk mengoperasikan kembali reaktor-reaktor itu juga masih diperlukan waktu berbulan-bulan.

Banyak orang masih menentang pengoperasian kembali instalasi nuklir Kashiwazaki-Kariwa karena catatan keamanan TEPCO yang buruk. Menyusul pengumuman Badan Pengawas Nuklir Jepang terkait reaktor nuklir TEPCO, sejumlah aktivis nuklir menggelar demonstrasi di luar gedung badan itu, Rabu, 4 Oktober 2017. [ab/uh]

Recommended

XS
SM
MD
LG