Tautan-tautan Akses

Tembakan Terdengar dalam Rapat Umum Presiden Terguling Kyrgyzstan


Bunyi rentetan tembakan terdengar pada rapat umum di kota Osh selagi presiden terguling Kurmanbek Bakiyev berpidato.

Para saksi mata mengatakan, bunyi rentetan tembakan terdengar pada rapat umum di kota Osh, Kyrgyzstan Selatan, hari Kamis, selagi presiden terguling Kurmanbek Bakiyev berpidato.
Bakiyev baru mulai berpidato di depan sekitar dua ribu orang sewaktu bunyi tembakan terdengar.

Belum jelas siapa yang melepaskan tembakan pertama, namun rekaman video menunjukkan sekelompok penentang Bakiyev mendekati podium tempat ia berpidato. Para pengawal berjajar di depan Bakiyev untuk melindunginya dan melepaskan tembakan ke udara.

Para pendukung pemerintah sementara menggelar rapat umum tandingan, sekitar 300 meter dari lokasi itu. Belum ada laporan mengenai jatuhnya korban.

Menurut para saksi mata, setelah bunyi tembakan itu, Bakiyev bersama pengawalnya menyingkir ke sebuah gedung teater dan kemudian meninggalkan tempat dengan mobil.
Bakiyev melarikan diri dari ibukota, Bishkek, pekan lalu, setelah protes antipemerintah selama berhari-hari, di mana tentara yang propemerintah melepaskan tembakan ke arah para demonstran. Jumlah resmi korban jiwa adalah 84, namun para pemimpin oposisi mengatakan lebih dari seratus orang tewas dalam insiden itu.

XS
SM
MD
LG