Tautan-tautan Akses

Afghanistan Tembak-Menembak dengan Pakistan di Perbatasan


Seorang petugas perbatasan Pakistan berjaga-jaga di pos perbatasan Pakistan-Afghanistan di Chaman, Pakistan, Jum’at, 5 Mei 2017 (foto: AP Photo/Matiullah Achakzai)
Seorang petugas perbatasan Pakistan berjaga-jaga di pos perbatasan Pakistan-Afghanistan di Chaman, Pakistan, Jum’at, 5 Mei 2017 (foto: AP Photo/Matiullah Achakzai)

Afghanistan melaporkan tembak-menembak di perbatasan dengan Pakistan hari Minggu tetapi tidak segera diketahui siapa yang memulai penembakan.

Kepala kepolisian daerah Afghanistan mengatakan kepada VOA pertempuran itu pecah pagi dini hari di daerah perbatasan Zazi Maidan, provinsi Khost, Afghanistan tenggara dan tembak-menembak itu masih berlangsung.

Jenderal Abdul Hanan Zadran mengklaim dua petugas perbatasan Pakistan dan seorang sipil Afghanistan tewas. Beberapa lainnya luka-luka.

Jurubicara militer Pakistan, mayor Jenderal Asif Ghafoor, mengatakan kepada VOA bahwa “ada suatu tembak-menembak terjadi.”

Ia menambahkan belum jelas apakah militer atau pasukan polisi perbatasan Afghanistan menembaki kedudukan Pakistan karena tidak ada pos perbatasan Afghanistan di sekitarnya.

Pakistan dan Afghanistan mempunyai perbatasan bersama hampir 2.600 kilometer yang sebagian tidak dikawal. Militer Pakistan baru-baru ini memulai pembangunan pagar perbatasan yang kuat dalam usahanya mencegah penyeberangan perbatasan dua arah yang illegal.

Para pejabat Afghanistan sebelunya bulan ini menuduh Pakistan melakukan serangan udara dan menembakkan ratusan peluru artileri ke provinsi perbatasan timur, Kunar, tuduhan yang dibantah Islamabad.

Para pejabat Pakistan berkeras bahwa militan-militan buronan bersembunyi di daerah-daerah perbatasan Afghanistan yang tidak terjangkau pemerintah, dimana teroris merencanakan serangan terhadap Pakistan dan pasukan militer Pakistan melakukan operasi di dalam wilayah mereka sendiri untuk mencegah serangan demikian. [gp]

XS
SM
MD
LG