Tautan-tautan Akses

Teken Perjanjian Baru dengan Kanada, Inggris Tunjukkan Minat Terhadap Kawasan Arktik


Kapal kargo asal China berlayar di wilayah laut pasifik utara di dekat Alaska pada 11 Juli 2017. Foto diambil dari kapal pemecah es milik Finlandia MSV Nordica yang berlayar di area yang sama. (Foto: AP/David Goldman)

Angkatan Laut Inggris akan memulai latihan di atas kapal pemecah es Kanada dalam sebuah perjanjian baru yang mencerminkan minat Inggris yang semakin besar dengan perkembangan kemampuan militer yang terjadi di kawasan Arktik atau Kutub Utara.

Inggris adalah negara terbaru yang memusatkan perhatian pada kawasan di utara itu, sementara perubahan iklim yang terjadi telah membuka kawasan tersebut untuk kesempatan baru dalam hal navigasi dan eksploitasi sumber daya. Berbagai negara yang jauh dari kawasan tersebut seperti China, Turki, dan India juga memberikan perhatiannya terhadap perkembangan kawasan tersebut.

Persetujuan antara Inggris dan Kanada yang ditandatangani pada bulan ini, memungkinkan Angkatan Laut Inggris berlatih di atas kapal-kapal dari armada kapal pemecah es milik Kanada saat mereka berlayar melewati daerah berlapis es Arktik untuk melapangkan jalan bagi kapal-kapal lainnya agar bisa mengakses wilayah yang dikenal sebagai Northwest Passage atau Jalur Pelayaran Barat Laut.

“Berbagi pengalaman luas dan keahlian dengan Pengawal Pantai Kanada memungkinkan anggota Angkatan Laut Inggris untuk menyiapkan diri mereka lebih baik ketika harus berlayar di kawasan beku,” demikian kata Angkatan Laut Kerajaan dalam sebuah pernyataan.

Sebaliknya Kanada, berharap akan meraih manfaat dari “pengalaman dan kepakaran operasional Angkatan Laut Kerajaan Inggris” demikian pernyataan dari komisioner Pengawal Pantai Kanada. [jm/lt]

Recommended

XS
SM
MD
LG