Tautan-tautan Akses

Tanker Iran Terus Terbakar Tiga Hari Setelah Tabrakan


Asap mengepul dari kapal tanker Sanchi yang terdaftar di Panama tengah mengangkut minyak Iran dan terbakar di Laut China Timur, setelah bertabrakan dengan kapal kargo China, 9 Januari 2018.

Sebuah kapal tanker minyak Iran terus terbakar di Laut China Timur pada hari Selasa, tiga hari setelah kapal tersebut bertabrakan dengan sebuah kapal kargo China di lepas pantai timur negara itu.

Kementerian Perhubungan China mengatakan pada hari Selasa (9/1) bahwa berbagai upaya oleh kapal-kapal bantuan darurat untuk memadamkan api di kapal tanker Sanchi yang terdaftar di Panama itu dan mencari awak kapal yang hilang terhambat oleh kondisi buruk di laut, termasuk angin kencang dan ombak besar, disertai asap beracun dari kapal yang tanker yang terbakar itu.

China, Korea Selatan dan Angkatan Laut Amerika telah mengerahkan kapal dan pesawat terbang untuk membantu pencarian awak kapal yang hilang di area seluas 900 mil persegi.

Kementerian itu mengatakan bahwa para pekerja penyelamat menemukan satu mayat tak dikenal di dekat kapal yang terbakar itu hari Senin yang diyakini sebagai salah seorang dari 32 awak kapal yang hilang, yang terdiri atas 30 warga Iran dan dua warga Bangladesh.

Para pejabat China mengatakan Senin pagi (8/1) bahwa kapal tanker minyak tersebut berisiko meledak dan tenggelam sehingga berpotensi mengakibatkan bencana lingkungan. [lt]

XS
SM
MD
LG