Tautan-tautan Akses

Tanggapi Bom Balon, Israel Serang Hamas


Asap membubung menyusul serangan udara Israel terhadap Kota Gaza, 15 Januari 2020, sebagai ilustrasi. (Foto: AFP)

Militer Israel mengatakan, mereka menyerang lokasi-lokasi militan Hamas di Jalur Gaza, Kamis pagi (13/8), sebagai tanggapan terhadap serangan bom balon yang terus berlanjut dari wilayah Palestina ke Israel.

Menurut mereka, target-target yang diserang termasuk sebuah kompleks bangunan yang digunakan pasukan angkatan laut Hamas, serta pos-pos observasi dan infrastruktur bawah tanah kelompok militan itu.

Belum ada laporan mengenai apakah ada korban tewas di kedua belah pihak.

Israel dan Hamas telah tiga kali berperang dan terlibat dalam sejumlah bentrokan lebih kecil sejak kelompok militan Muslim itu menguasai Gaza pada 2007.

Dalam beberapa bulan terakhir, menyusul merebaknya wabah virus corona kedua pihak sama-sama menahan diri, dan seolah menyepakati sebuah gencatan senjata tidak resmi.

Situasi berubah dalam beberapa hari terakhir, setelah bom-bom balon yang dikirim dari jalur Gaza menimbulkan kebakaran hebat di lahan-lahan pertanian Israel.

Israel menganggap Hamas bertanggung jawab atas serangan bom balon itu. Sebagai bagian dari tindak balasannya, Israel juga mengumumkan akan menghentikan impor bahan bakar ke Jalur Gaza, dan mengurangi wilayah penangkapan ikan di lepas pantai Gaza. [ab/uh]

Lihat komentar (2)

Forum ini telah ditutup.
XS
SM
MD
LG