Tautan-tautan Akses

Tangani Perubahan Iklim, Spanyol akan Larang Mobil dengan BBM Mulai 2040


Mobil-mobil SUVs yang siap diekspor di pelabuhan Lianyungang, China (foto: ilustrasi). Spanyol penjualan mobil dengan BBM.

Pemerintah Spanyol sedang mengincar langkah ambisius untuk menangani perubahan iklim, termasuk larangan penjualan mobil-mobil berbahan bakar bensin dan diesel mulai tahun 2040.

Pemerintah mengajukan cetak biru hari Selasa (13/11), yang meramalkan berakhirnya subsidi pemerintah terhadap bahan bakar fosil dan larangan fracking (menyuntikkan cairan pada tekanan tinggi, sehingga membuka celah untuk menyedot bensin).

Dokumen kerja, yang didapatkan oleh kantor berita Associated Press, berisi rencana untuk mengurangi emisi gas rumah kaca sebesar 37 persen pada 2030 dan membuat jaringan energi nasional sepenuhnya dari sumber yang terbarukan pada tahun 2050.

Negara-negara Uni Eropa lainnya mengkaji langkah-langkah terobosan semacam itu dalam upaya mereka mengatasi perubahan iklim.

Tujuan pemerintah minoritas Spanyol untuk kebijakan iklimnya akan memerlukan dukungan dari partai-partai lain untuk mendapat persetujuan di parlemen. Tidak jelas kapan pemungutan suara atas langkah-langkah itu dilaksanakan. (ps/al)

Recommended

XS
SM
MD
LG