Tautan-tautan Akses

Tanah Longsor Tewaskan 6 di Afghanistan


Provinsi Badakhshan, Afghanistan.

Tanah longsor di sebuah distrik terpencil yang dikuasai Taliban di Afghanistan Timurlaut menewaskan sedikitnya enam orang.

Bencana itu terjadi Rabu (11/12) di distrik Raghistan, provinsi Badakhshan, kata pejabat provinsi bernama Abdullah Naji Nazari. Provinsi Badakhsan, yang terletak di kawasan pegunungan Pamir yang berbatasan dengan China, merupakan salah satu kawasan paling terpencil di negara itu.

Sejumlah pejabat mengatakan, Kamis (12/12), seluruh korban tewas adalah warga desa miskin yang pekerjaan sehari-harinya menambang emas di lereng-lereng bukit di sana.

Kawasan miskin, namun kaya emas itu, itu telah dikuasai Taliban sejak 2015. Banyak tambang emas ilegal di sana dioperasikan Taliban untuk mendanai pemberontakan mereka.

Nazari mengatakan, lebih dari 30 warga desa lainnya terluka dan dinyatakan hilang selama berjam-jam akibat terbenam lumpur sebelum akhirnya ditemukan.

Tanah longsor sering terjadi di Afghanistan. Pada 2014, bencana longsor di Badakhshan menewaskan sedikitnya 350 orang dan mengakibatkan lebih dari 2000 lainnya dinyatakan hilang. Tanah longsor di provinsi Baghlan, juga di Afghanistan Timurlaut, menewaskan 71 orang. [ab/lt]

Recommended

XS
SM
MD
LG