Tautan-tautan Akses

Taliban Serang Sangin, Pasukan Afghanistan Segera Dikirim


Tentara nasional Afghanistan berjaga-jaga di titik pemeriksaan menuju distrik Sangin di provinsi Helmand, Afghanistan, 23 Desember 2015.
Tentara nasional Afghanistan berjaga-jaga di titik pemeriksaan menuju distrik Sangin di provinsi Helmand, Afghanistan, 23 Desember 2015.

Militer Afghanistan bergegas mengirim pasukan ke bagian selatan distrik Sangin yang beberapa hari ini terancam akan diambilalih oleh Taliban, kata Menteri Pertahanan Afghanistan Masoom Stanekzai hari Rabu (23/12) ketika ia meminta tambahan bantuan militer NATO.

Di pangkalan Angkatan Darat yang terkepung di distrik Sangin, seorang tentara Afghanistan menggambarkan situasi genting kepada Associated Press, dengan mengatakan pasukan Afghanistan berjuang keras untuk melawan dan mengusir Taliban.

Sementara itu di pangkalan udara di luar kota Kabul, pasukan Amerika memberikan penghormatan terakhir kepada enam tentara Amerika yang tewas dalam serangan Taliban pekan ini. Keenamnya tewas ketika seorang penyerang bunuh diri menabrakkan sepeda motor yang dipenuhi bahan peledak kesebuah patroli gabungan Afghanistan-NATO di dekat pangkalan udara Bagram hari Senin (21/12) lalu. Dua tentara Amerika dan satu tentara Afghanistan juga luka-luka dalam serangan itu.

Ketika pertempuran berkecamuk di distrik Sangin, di bagian selatan propinsi Helmand hari Rabu, tentara dan polisi Afghanistan tiba untuk membantu pasukan keamanan yang terjepit selama berhari-hari di kawasan yang terkepung itu, kata seorang pejabat. [em/ii]

XS
SM
MD
LG