Tautan-tautan Akses

Taliban Pakistan Tunjuk Pemimpin Baru


Pemimpin Taliban Pakistan Hakimullah Mehsud yang tewas oleh serangan AS (foto: dok). Taliban menunjuk pengganti Mehsud hari Minggu 3/11.
Pemimpin Taliban Pakistan Hakimullah Mehsud yang tewas oleh serangan AS (foto: dok). Taliban menunjuk pengganti Mehsud hari Minggu 3/11.

Kelompok Taliban di Pakistan telah menunjuk pemimpin barunya setelah Hakimullah Mehsud tewas dalam serangan pesawat tidak berawak Amerika.

Juru bicara Taliban Pakistan hari Minggu (3/11) mengatakan, pemimpin Majelis Syuro Asmatullah Shahin Bhittani telah ditunjuk sebagai pengganti sementara.

Pemerintah Pakistan telah memprotes serangan pesawat Amerika itu dan mengatakan Amerika berusaha menyabot perundingan damai dengan Taliban dengan membunuh tokoh Taliban itu.

Taliban dipersalahkan atas tewasnya ribuan warga Pakistan, termasuk tentara, polisi dan warga sipil dalam perjuangannya selama enam tahun terakhir untuk menerapkan ajaran islam yang lebih ketat dan mengakhiri persekutuan Pakistan dengan Amerika.

Tentara Pakistan telah melancarkan sejumlah operasi menumpas Taliban tapi pemerintah pimpinan perdana menteri Nawaz Sharif juga berusaha untuk mengakhiri konflik itu lewat perundingan.

Pembunuhan Hakimullah Mehsud di kawasan kesukuan di Waziristan Utara terjadi hanya satu hari sebelum delegasi pemerintah Pakistan tiba disana untuk menyampaikan undangan resmi kepada Meshud guna memulai perundingan resmi.

Recommended

XS
SM
MD
LG